Selasa, 07 Januari 2014

Tips Menjadi Seorang Hacker

Tips Menjadi Seorang Hacker

Written By Mutiara Auliya on Jumat, 22 November 2013 | 13.20

Akhir- akhir ini sering kita membaca atau mendengar mengenai penyadapan yang dilakukan oleh Australia terhadap Indonesia. Bahkan ada beberapa situs- situs Indonesia yang diretas oleh para hacker Australia. Bagi orang awam, tentu saja bingung apa itu hacking dan bagaimana proses hacking dilakukan. Seorang hacker memang cukup fenomenal keberadaannya. Para hacker tidak semata- mata pintar meretas suatu situs. Mereka juga perlu belajar, melalui berbagai tahapan dan memiliki etika sebagai seorang hacker. Bagi anda yang ingin mencoba menjadi seorang hacker ada beberapa tips yang harus anda lakukan yaitu:
1. Berpikir Seperti Seorang Hacker
Seorang hacker memiliki pemikiran bahwa semua masalah pasti ada jalan keluarnya. Tidak ada masalah yang tidak ada penyelesaiannya. Seorang hacker sangat menghargai kebebasan dan suka tolong menolong. Dengan menyelesaikan berbagai permasalahan, maka seorang hacker akan lebih menajamkan kecerdasannya dan kemampuannya. Kemudian, para hacker tidak memiliki jiwa yang sombong. Mereka tidak bisa menyebut dirinya sendiri sebagai hacker. Mereka benar- benar menjadi seorang hacker apabila para hacker- hacker lain telah mengakui keberadaanya.  Kemudian, berlatihlah membuat program open source. Anda juga bisa mengikuti komunitas- komunitas hacking sehingga informasi anda bertambah.
2. Pelajari Pemrograman
Sebagai seorang hacker tentu saja sangat erat kaitannya dengan bahasa pemrograman. Jadi, bagi anda yang belum menguasai bahasa pemrograman, anda bisa mempelajarinya terlebih dahulu. Pelajarilah bagaimana caranya menulis program. Cara paling mudah untuk mempelajari cara menulis program yaitu dengan membaca program- program yang telah ditulis oleh para master. Kemudian cobalah menulis program sedikit demi sedikit. Teruslah berlatih untuk mencapai suatu level kemampuan pemrograman yang cukup baik. Jika sudah cukup percaya diri dengan suatu bahasa pemrograman, cobalah untuk mempelajari bahasa pemrograman lainnya. Hal tersebut akan membantu para hacker dalam menjalankan aksinya.
3. Kenali dan Gunakan Unix/Linux
Unix atau Linux merupakan software aplikasi yang open source sehingga mudah untuk diotak- atik. Pelajarilah Linux, gunakan distro yang mudah dan ramah untuk pemula seperti Ubuntu. Pasanglah sistem operasi ini di PC atau laptop dan gunakan untuk bekerja/bermain sehari-hari.
4. Pelajari HTML
HTML merupakan salah satu bahasa pemrograman untuk website. HTML merupakan sarana bagi hacker dalam melancarkan aksinya. Menggunakan Word Wide Web bukan berarti sekedar menggunakan browser dan berselancar di dunia maya melainkan bagaimana caranya membangun suatu situs menggunakan bahasa penanda web. Cobalah membangun home page menggunakan sintaks-sintaks HTML.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Followers

Weekly most viewed